Sun. Feb 28th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

PEMBINAAN FISIK LARI TARUNA TERUS DILAKUKAN GUNA MENCEGAH CORONA

2 min read
Dok.jarrakposjateng/fri

MAGELANG – Segenap Taruna Akademi Militer tingkat I, II dan III melaksanakan pembinaan fisik berupa lari di siang hari, mengelilingi route Kesatrian Akmil. Menurut berbagai ahli kesehatan, dengan melaksanakan lari di siang hari akan menyehatkan dan menambah kebugaran fisik yang berdampak terhadap meningkatnya daya tahan tubuh seseorang dari berbagai macam penyakit.
Demikian disampaikan Komandan Resimen Taruna (Danmentar) Akmil Brigjen TNI Windiyatno usai mengawasi kegiatan lari siang, bertempat di Resimen Taruna (Mentar) Akmil Magelang, Jum’at (19/02/2021). Menurut Danmentar, manfaat lain dari pelaksanaan lari siang adalah menurunkan berat badan, sehingga terhindar dari obesitas, meningkatkan kemampuan fungsi paru-paru, jantung dan berbagai manfaat lainnya. Dengan berlari di siang hari, maka paru-paru akan bekerja lebih keras menghisap udara berkadar oksigen rendah. Hal ini menyebabkan kemampuan paru-paru dalam menghisap udara semakin besar, sehingga meningkatkan kemampuan paru-paru tersebut berpengaruh terhadap daya tahan organ tubuh manusia. Kesimpulannya daya tahan tubuh semakin kuat akibat peningkatan kemampuan kinerja paru-paru”, jelas Danmentar. Bagi seorang Taruna Akmil, kemampuan fisik sangat dibutuhkan dalam setiap pelaksanaan tugas belajar dan berlatih di Akademi Militer, sehingga program lari siang pun dimasukkan sebagai ajang pembinaan fisik”, lanjut Danmentar.

Dok.jarrakposjateng/fri

Dalam kegitan ini diawasi juga oleh Kaursuh (Kepala Urusan Pengasuhan) Kapten Inf Bambang juga mengutarakan, ”lari siang merupakan jadwal rutin setiap hari yang dilaksanakan dengan berbagai variasi mulai dari latihan ketahanan lari, penguatan otot tangan, otot perut dan kecepatan. Dalam melaksanakan kegiatan latihan ketahanan fisik seluruh personel melaksanakan dengan gembira, bergairah serta penuh semangat dan membangkitkan moril para Taruna. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan kebugaran fisik Taruna yang merupakan unsur penting dalam mendukung pelaksanaan tugas belajar selanjutnya”, ujarnya. Terlihat dari sepanjang rute kegiatan lari siang, Taruna Akmil sambil menyayikan lagu-lagu TNI selaras dengan irama lagu walaupun dengan keadaan cuaca yang panas mereka tetap penuh semangat melasanakan lari siang. Selain itu, pelaksanaan lari siang ini juga bertujuan untuk memulihkan kembali stamina para Taruna Akmil serta untuk menjaga kemampuan fisik Taruna agar selalu tetap terjaga dan selalu siap melaksanakan setiap tugas yang penuh dengan tantangan”, sambungnya. Dalam kegiatan tersebuat Danmentar Brigjen TNI Windiyatno menekankan kegiatan lari siang ini merupakan salah satu fungsi komando dalam pembinaan fisik dan pemeliharaan kesehatan demi mendukung kesiapan pada saat melaksanakan tugas. Karena dalam fisik yang kuat serta jiwa yang sehat merupakan modal dasar Taruna dalam proses belajar dan berlatih demi pengabdian kepada nusa dan bangsa.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan dan perlindungan-Nya kepada kita semua untuk menjadikan Akademi Militer sebagai Center of Excellence yang dapat mewujudkan hasil didik yang profesional dan dicintai rakyat menuju World Class Academy. (Fri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *