Mon. Mar 1st, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

RAPAT KOORDINASI PENCEGAHAN DAN PENANGANAN COVID -19 WILAYAH KECAMATAN BANDONGAN

4 min read
Dok.jarrakposjateng/fri

MAGELANG – Pada hari Rabu tanggal 10 Februari 2021, pukul 09.00 Wib ,bertempat di Aula Kantor Kecamatan Bandongan JL Kyai Arof No. 2 Kab. Magelang telah di laksanakan Rapat Koordinasi Pencegahan dan Penanganan Covid-19 diwilayah Kecamatan Bandongan. Hadir dalam Kesempatan tersebut Waka Polres Magelang Kota Dwi Retnowati, SH. MH. Kasat binmas Polres Magelang Kota AKP. Ni Komang Yanti. Kapolsek Bandongan AKP Sukardiyana. Plt. Camat Bandongan Daryoko Umar Singgih, SIP, MM. Danramil Bandongan / yang mewakili. Kapuskesmas Bandongan / yang mewakili. Sekcam Bandongan beserta staf. Kanit Binmas Polsek Bandongan Ipda Romadhon. Kanit Intelkam Polsek Bandongan Ipda Zumrodi. Kades Banyuwangi Bp. Asnawi. Kades Trasan Bp. Bagawat Gita. Kades Sidorejo Bp.Sudarsono. Plt. Kades Kebonagung Bp. Ari. Kades Rejosari Bp. M. Badarudin. Babhinkamtibmas dan Babinsa Masing- masing desa yang di undang.

Dok.jarrakposjateng/fri                                     Dalam kesempatan tersebut Plt Camat
Dok.jarrakposjateng/fri

Bp. Camat Daryoko umar Singgih MM.
Memberikan kata sambutan antara lain
Mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kehadiran Ibu Waka Polres Magelang Kota, jajaran forkompincam, Kapuskesmas / yang mewakili, Kades , Babhinkamtibmas dan babinsa, yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri kegiatan di tempat dan dalam keadaan sehat wal,afiat yang perlu kita syukuri. Rapat koordinasi pencegahan covid 19 di wilayah bandongan ini kita laksanakan karena melihat situasi yang bersifat dinamis, sehingga kita harus siap, setelah ppkm 1 dan ppkm 2 akan ada lagi ppkm berbasis mikro, di instansi kepolisian sudah menindaklanjuti hal tersebut sesuai Instruksi Mendagri yang ada, sedangkan di Instansi kita masih menunggu surat edaran dari Bupati Kab. Magelang yang masih dalam proses dan pengkajian. Kecepatan bergerak memang perlu kita lakukan karena situasi terkait covid 19 akan selalu dinamis sehingga perlu kecepatan gerak untuk melaksanakan secara sinergi antara 3 pilar yang ada di wilayah kecamatan Bandongan.
selanjutnya saya laporkan untuk perkembangan covid saat ini di kecamatan Bandongan yang terkonfirmasi positif perhari ini sebanyak 14 orang, terdiri dari 5 orang di rawat di rumah sakit dan 9 orang isolasi mandiri.

Dok.jarrakposjateng/fri

Ppkm sekala mikro di tujukan untuk pencegahan semua sektor , kita dalam melaksanakan tugas harus sesuai garis 3 pilar, jangan lengah dan tetap waspada.
Kades telah di beri pencerahan dari mentri pupr, program jogo tonggo juga sudah di laksanakan, penggunaan dana itu jangan di selewengkan penggunaannya. Sambutan Waka Polres Magelang
Saya berbahagia bisa hadir di acara rapat koordinasi ini, meskipun saya tadi agak terlambat, saya diperintah Bp. Plt. Kapolres Magelang Kota untuk mengikuti rapat koordinasi di Kec.Bandongan ini.
Meskipun wilayah kec.Bandongan ini masyarakatnya pedesaan namun masih mengikuti wilayah hukum Polres Magelang Kota sehingga tidak jauh beda dengan wilayah Kota Magelang,Terimakasih untuk wilayah Bandongan saat ini tinggal 14 orang yg terkonfirmasi positif Covid 19, antara lain 5 orang di rawat di Rumah sakit dan 9 Isolasi Mandiri.

Dok.jarrakposjateng/fri

Untuk tetap di pertahankan yang berada di zona hijau dan berusaha menekan untuk yang masih di zona kuning agar tidak berubah menjadi oranye. Ppkm berbasis mikro ini masih bisa melaksanakan kegiatan namun dengan membatasi kegiatan seperlunya. sesuai SE Gubernur dan SE Walikota / Bupati agar tetap memberikan himbauan kepada warganya guna menerapkan protokoler kesehatan sehingga tetap berhati – hati dan waspada terhadap bahay covid 19.Terimakasih kepada babhinkamtibmas dan Babinsa atas kinerjanya, hal tersebut tentunya berkat kerjasama dari rekan2 semua dengan kadesnya masing2 yang aktif memantau masyarakat guna pencegahan covid 19.

Dok.jarrakposjateng/fri

Dalam kesempatan tersebut juga di sampaikan Saran masukan dari peserta rapat antara lain Kades Banyuwangi Bp. Asnawi yang menyampaiakan saran / masukan ,Bahwa kita masih menunggu SE Bupati terkait PPKM berbasis Mikro, karena belum ada draf tata cara pelaksanaan PPKM berbasis Mikro, meskipun sudah ada Instruksi Mendagri, untuk tidak di laksanakan pemberlakuan PPKM mikro di desa kami Banyuwangi, Babhinkamtibmas Kebonagung menyampaikan bahwa tadi pagi telah melaksanakan monitoring pemakaman prokes di kebonagung, dan memberikan edukasi kepada warganya agar tetap menerapkan protokoler kesehatan dan sementara ini kegiatan yang sifatnya mengumpulkan masa atau kesenian tradisional untuk di tunda pelaksanaannya. Babinsa Trasan serka efendi.Menyampaikan bahwa Koordinasi diwilayah agar tetap ditingkatkan karena di wilayah sering kali masih terjadi kerumunan.

Dok.jarrakposjateng/fri

Tanggapan dari Ibu Waka Polres Magelang Kota. Kita masih tetap melaksanakan operasi yustisi dan tidak mengeluarkan surat ijin kegiatan masyarakat, terutama yang mengumpulkan massa, untuk tetap melaksanakan himbauan guna pencegahan dan mengantisipasi penyebaran covid 19. Jangan takut untuk melaporkan kegiatan masyarakat yang endingnya mengumpulkan masa. Tetap mengendalikan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa.
Kepada para kades untuk menghimbau warganya agar bisa mengendalikan dan memberikan pemahaman kepada warganya.

Dok.jarrakposjateng/fri

Tambahan dari Kasat Binmas
Pemberlakuan mikro itu kan bisa diupayakan dari bapak untuk bisa menekan lajunya covid 19 di wilayahnya agar bisa turun, bagaimana kita mengatasinya agar dapat terealisasi. Apabila ada warga yang mau melaksanakan kegiatan hajatan atau keramaian hendaknya di beri pemahaman agar hal tersebut sesuai dengan prokes dan aturan yang ada, dari 3 pilar harus lebih tegas.Silahkan gerakan tokoh agama, tomas untuk berpartisipasi aktif dalam pencegahan covid 19.Tanggapan dari Camat.
Deteksi dini kegiatan masyarakat bahwa bupati tidak melarang, selama mendapatkan surat ijin dari Bupati dan sesuai prokes, dan harus sesuai apa yang sudah menjadi kesanggupan penyelenggara.
Mengenai Kerahasian data dari puskesmas nanti kita akan rapatkan internal siapa di tunjuk untuk bisa mengaksesnya. Tanggapan Kapolsek.
Sudah di tekankan dan tegaskan bapak camat mengenai ijin kegiatan yang boleh di laksanakan, kalau giat bisa di atasi tingkat Tri pides silahkan diatasi di ingatkan, kalau tidak bisa kita bisa melaksanakan teguran dan penindakan sesuai UU kekarantinaan kesehatan.Update data yang kita jadikan patokan untuk pelaksanaan tugas dan penerapan ppkm kesehatan.
Kerjasama tripides untuk di tingkatkan.Selama kegiatan berlangsung dapat berjalan aman, lancar serta kondusif. (Fri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *