Fri. Feb 26th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

PENCANANGAN VAKSINASI COVID-19 DI WINDUSARI SUKSES

2 min read

(Dok. Jarrakposjateng)

MAGELANG. Pemerintah telah mencanangkan vaksinasi guna mencegah penyebaran Covid-19. Tahap pertama sasarannya adalah sumber daya manusia (SDM) kesehatan. Menindaklanjuti hal itu di Windusari Kabupaten Magelang dicanangkan vaksinasi untuk tenaga kesehatan di wilayah kerja setempat, Rabu (27/1/2021).

Penanggung jawab kegiatan, Kepala Puskesmas Windusari drg. Rury Suryani menuturkan sasaran vaksinasi berjumlah 45 orang. Namun dalam kegiatan itu 41 orang divaksinasi, dan 2 ditunda vaksinasi karena 1 orang sedang kurang sehat.

“Dan 1 orang kontak erat atau serumah dengan orang kasus konfirmasi yang belum selesai isolasi mandiri,” tuturnya.

(Dok. Jarrakposjateng)

Dalam kegiatan Pencanangan Vaksinasi Covid-19 dihadiri oleh Forkopimcam Windusari dan jajarannya, Ketua PKK Windusari, serta para petugas di Puskesmas Windusari. Secara resmi kegiatan dibuka oleh Camat Windusari Subiyanto, S.H., M.M. Vaksinasi pertama diberikan kepada pejabat teknis Puskesmas, perawat Tri Haryanto.

Dalam kesempatan itu, Camat Wundusari Subiyanto mengatakan penanganan Covid-19 memasuki babak baru, di mana selama ini menghindar dan sembunyi. Sekarang mulai membangun pertahanan, tantangan berubah dan berkembang bermula dari disiplin protokol kesehatan.

Terkait dengan vaksinasi kita lebih intensif untuk sosialisasi kepada masyarakat, pertama untuk menghindari resistansi atau penolakan terhadap vaksin dengan berbagai alasannya. Kedua, ada pemantauan dan pelaporan, serta penanganan kasus ikutan pasca imunisasi (KIPI).

(Dok. Jarrakposjateng)

“Yang jika terjadi, akan menjadi preseden dan kontra produktif terhadap pelaksanaan vaksinasi.,” katanya.

Ketiga, lanjut Subiyanto, menyosialisasikan kepada masyarakat tentang kesinambungan program vaksinasi yang tidak selesai dalam waktu 15 bulan.

“Sehingga perlu sosialisasi lebih kepada masyarakat supaya prokes dijaga ketat dan meminimallisir bahwa anggapan masyarakat adanya vaksin Covid-19 selesai,” ujar Subiyanto.

(Dok. Jarrakposjateng)

Ditambahkan drg. Rury, kegiatan vaksinasi ini merupakan salah satu kegiatan membantu pemerintah dalam upaya membentuk herd imunity. Agar masyarakat Indonesia bisa semakin sehat, memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Selanjutnya drg. Rury mengucapkan syukur bahwa kegiatan vaksinasi Covid-19 pada SDM Kesehatan Windusari berjalan lancar. Tidak ditemui KIPI pada semua yang divaksin.

“Tidak ada penolakan dari semua sasaran vaksinasi yang memenuhi kriteria untuk divaksinasi,” ungkapnya.

(Dok. Jarrakposjateng)

Sementara itu, Haryanto usai divaksin mengatakan vaksinasi ini sangat berguna dalam mengurangi penyebaran virus Covid-19 dan ternyata ketika divaksin tidak ada rasa sakit sama sekali tidak ada gejala apapun.

“Jangan takut untuk vaksinasi Covid-19,” katanya.

Kegiatan vaksinasi dimulai pukul 08.30 WIB sampai selesai secara bergantian. Hal itu dilakukan mengingat pelayanan rawat jalan di Puskesmas harus tetap berjalan, sehingga vaksinasi berlansung lancar dan tidak mengganggu pelayanan. (fri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *