Sat. Mar 6th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

POLRES MAGELANG KOTA BERHASIL UNGKAP PELAKU PEMBUNUH BAYI YANG BARU LAHIR

1 min read

Beberapa barang bukti pembunuhan bayi diperlihatkan dalam acar Jumpa Pers Polres Magelang Kota, Selasa (19/1/2021). (Dok.jarrakposjateng/fri)

MAGELANG – Seorang mahasiswi berinisial RH (25) asal Indramayu yang baru magang 2 minggu di salah satu Rumah Sakit di Magelang rela membunuh bayinya sendiri yang baru lahir. Kejadian itu didasari rasa malu terhadap teman-temannya karena hamil di luar nikah.

Plt Kapolres Magelang Kota AKBP R. Fidelis Purna Timoranto dalam Jumpa Pers-nya bersama dengan awak media menerangkan hal tersebut, Selasa (19/1/2021) pukul 09.00 WIB. Diterangkan Timoranto, kejadian itu terungkap setelah Kepolisian yaitu Polsek Magelang Utara menerima laporan pada Senin (11/1/2021) dari Direktur SDM Pendidikan dan Umum salah satu Rumah Sakit di Magelang. Saat melahirkan, RH mengalami pendarahan hebat dan berada di UGD RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang.

Pelaku melakukan aksi keji tersebut karena malu kepada teman-temanya atas kehamilannya dan tidak mengakui atas kehamilannya, dan dia mengaku sakit kista.

“Pada saat dibunuh bayi berjenis kelamin perempuan itu disumbat memakai kapur barus dan kemudian leher dicekik hingga sampai meninggal dunia di sebuah kamar mandi,” jelas Plt Polres Magelang Kota AKBP R. Fidelis Purna Timoranto.

Pada Jumpa Pers itu pelaku tidak dihadirkan karena sampai saat ini masih depresi dan dirawat di RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang. Atas kejadian tersebut, Polres Magelang Kota berhasil mengamankan barang bukti berupa bed cover, sprey ,selimut, handuk, baju blus, kapur barus, celana dalam dan tas koper.

“Pelaku terancam pasal berlapis, yakni Pasal 80 ayat (3) dan ayat (4) UU No.35 tahun 2014, Pasal 76 C UU No.35 Tahun 2014 dan Pasal 341 KUHP dengan ancaman penjara 5 tahun sampai 15 tahun atau denda 100 juta sampai 15 milyard rupiah,” tegas Plt Polres Magelang Kota AKBP R. Fidelis Purna Timoranto di akhir Jumpa Pers. (fri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *