Mon. Mar 1st, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

WARGA AREA KRB 3 GUNUNG MERAPI DIUNGSIKAN

1 min read

Seorang warga yang sakit dibopong menuju kendaraan evakuasi. (Dok. Jarrakposjateng/fri)

MAGELANG. Warga di Kawasan Rawan Bencana (KRB) 3 Gunung Merapi, diungsikan ke Tempat Evakuasi Akhir (TEA) di Banyurojo Mertoyudan Magelang, Jawa Tengah, Kamis (7/1/2021). Mereka adalah warga Dusun Babadan 2 Desa Paten Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Evakuasi dilakukan oleh anggota Koramil 15/Dukun beserta jajaran lain.

Warga KRB 3 diungsikan karena terjadi peningkatan aktivitas Gunung Merapi sejak Senin malam (4/1/2021). Warga yang diungsikan dari Babadan 2 berjumlah 105 orang, diutamakan dahulu warga renta, sakit, lanjut usia, ibu hamil dan anak-anak.

Salah satu warga renta di area KRB 3 Gunung Merapi diungsikan. (Dok. Jarrakposjateng/fri)

Babinsa Paten Sertu Sumarno mengungkapkan, proses evakuasi dilakukan oleh beberapa personel dari jajaran instansi dan lembaga. Antara lain Camat Dukun beserta 2 staf, 7 anggota Koramil 15/Dukun, anggota Koramil 11/Mertoyudan, 5 anggota Polsek Dukun, dan 2 personel Polsek Mertoyudan.

“Selain itu, turut aktif membantu dari Satgas Sister Village Mertoyudan dan Paten, relawan Bravo, Tagana, Guruh, ACT Pasak Merapi, Human Invinitive, serta personel dari BPDB Kabupaten Magelang,” ungkapnya.

Sertu Sumarno mengungkapkan, evakuasi warga menggunakan kendaraan dari Kodim 0705/Magelang, ambulans, jeep, minibus, dan kendaraan lainnya. Proses evakuasi pada pukul 14.00 WIB tersebut berjalan dengan lancar dan aman hingga sampai TEA di Balai Desa Banyurojo Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. (Fri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *