Sat. Jan 16th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Program PANSIMA = Program Nasional Penyedia Air Masarakat ) Desa Sukodadi,Kecamatan Bandongan Telah Selesai Dikerjakan

1 min read

Magelang/15/12/2020/Jarrakposjateng// Program bantuan pemerintah pusat APBN Untuk PANSIMA selesai di kerjakan oleh pemerinta desa Sukodadi,Kecamatan Bandongan,Kabupaten Magelang,sehingga 470 Kepala Keluarga tercukupi pasokan air bersih layak minum,yang telah diuji kelayakanya oleh Kaboratorium Puskemas Bandongan,Magelang.

Saluran air bersih tersebut di ambil dari sebuah mata air di lain desa pasangsari,kecamatan Windusari Kabupaten Magelang bejarak sekitar 6 km,dan dikerjakan secara swadaya danĀ  kerja bakti/gotong royong.

Kepala desa Sukodadi,Rofiudin kepada Jarrakpos Jateng.Com menjelaskan,program PANSIMA yang dikerjakan kenarin,adalah bantuan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) sebesar Rp 245 juta.

Dan Dana Desa sebesar Rp175 juta rupiah,dengan menyambung peralon berbagai ukuran ke dusun dusun wilayah Sukodadi,diantaranya Dusun Mondoliko,ds
Kadiwongso,ds Kalinongko,ds kebo kuning/bekuning,ds kali duren,ds Nganti dan Tirip.

Dengan adanya program Pansima ini,masarakat diuntungkan,karena tidak di kenakan biaya pemasanga,hanya mengganti spedo meter air sebesar Rp.550 ribu rupiah,dan perhitungan per 10 meter kubik pertama Rp 3000.- selanjutnya Rp.500,- /meter kubik.

Sedang untuk sekolahan,masjid dan nadrasah gatis!
Sambungan pralon sejak dari sumber mata air,berjarak sekitar 6km,menghabiskan sebanyak 1433 pralon dengan berbagai macam ukuan.(Bagus)

Sumber :Rofiudin (Kades Sukodadi)
Editor : Kurnia
Pewarta: Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *