Fri. Feb 26th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Masyarakat Windusari Lestarikan Sumber Air Dengan Penghijauan

1 min read

(Dok. Jarrakposjateng)

MAGELANG. Masyarakat Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah melestarikan sumber-sumber air dengan penghijauan di sekitar mata air. Kegiatan penghijauan diprakarsai oleh Forkompimcam Windusari, Jumat (4/12/2020).

Ada 4 (empat) titik lokasi penghijauan yang dilaksanakan, yaitu di Sidandang II dan Seringin Desa Candisari, dan di dua lokasi di Desa Banjarsari.

Camat Windusari Subiyanto, S.H.,M.M. mengatakan konsep pertama ketika kita menggunakan air bersih untuk minum, maka harus menggunakannya lebih efektif dan efisien.

“Juga ada tanggungjawab untuk memelihara mata air,” katanya.

Subiyanto melanjutkan, ada konsep kedua akan memperbaiki kualitas tangkapan air di area Perutani. Yaitu melalui kerjasama dengan Perhutani untuk penanaman pohon bernilai ekonomis.

(Dok. Jarrakposjateng)

Sementara Komandan Koramil 04/Windusari Kapten (Inf) Adi Sanyoto menambahkan bahwa kegiatan penghijauan harus ikhlas dan dengan niat untuk kelangsungan generasi yang akan datang. Seperti juga yang kita nikmati sekarang adalah hasil dari penanaman yang dilakukan oleh para pendahulu kita.

“Jadi bukan sekarang ditanaam besok kita menikmati hasilnya. Tetapi anak cucu kita yang akan menikmati. Maka harus ikhlas demi generasi kita,” katanya.

(Dok. Jarrakposjateng)

Selain Forkompimcam kegiatan penghijauan diikuti oleh seluruh instansi, para guru, dan anggota Pramuka di Windusari. Adapun jenis pohon yang ditanam seperti beringin, gayam, preh, mangga, dan tanaman berumur panjang lainnya. (fri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *