Mon. Mar 1st, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Curah Hujan Tinggi Picu Longsor di Windusari

1 min read
Longsir di Genito (Dok. Jarrakposjateng)

MAGELANG. Intensitas hujan cukup tinggi mengakibatkan tanah longsor di Dusun Sukomangun Desa Genito Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu malam (2/12/2020) sekitar pukul 20.00 WIB.
Longsor menutup separo jalan desa yang menghubungkan Desa Genito-Wonoroto. Tanah dan ranting pepohonan sempat menghalangi akses kedua desa.

Pembersihan jalan usai terkena longsor di Genito (Dok. Jarrakposjateng)

Beberapa warga membersihkan longsoran dipimpin oleh Babinsa Genito, Serma Eko Basuki, dibantu seorang warga dan 3 orang anggota BPBD Kabupaten Magelang. Namun karena hujan semakin lebat, pembersihan dihentikan.
Pada pagi harinya, Kamis (3/12/2020) pembersihan longsoran dilanjutkan. Meski sudah bisa dilewati, warga diimbau berhati-hati karena masih licin.
Serma Eko Basuki mengatakan, saat musim hujan wilayah Windusari masih sering terjadi longsor. Sehingga diimbau masyarakat untuk tetap waspada.
“Wilayah ini merupakan pegunungan dan kaki gunung Sumbing. Sehingga sering longsor, maka kewaspadaan harus selalu ditingkatkan,” katanya.

Longsor di Jeketro, Gondangrejo. (Dok. Jarrakposjateng)

Sementara pada di kecamatan yang sama pada Kamis siang (3/12/2020) terjadi longsor di Dusun Jeketro Desa Gongdangrejo. Tanah longsor berupa sawah dan tegalan (kebun), diketahui tegalan yang terbawa longsor milik Suradi dan Madiyono. (fri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *