Sat. Jan 16th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Selama Dua Puluh Tahun Tinggal Di Hutan Tidak Pernah Diganggu Atau Melihat Mahluk Halus

2 min read

Magelang/17/11/2020//Jarrakposjateng// itu pengalaman mbah Nyamplung janda tua yang tinggal di hutan seorang diri,tak pernah sekalipun melihat atau di gangga mahluk halus.

” Kulo pun biasa kok boten ajrih” saya sudah biasa dan tidak takut hantu,jawab mbah Nyamplung ketika ditanya jarakpossjateng,bahkan mbah nyamplung kalau sedang bepergian,sering sampai tengah malam pulang sendiri ke gubugnya di hutan menembus kegelapan malam.

Tetapi pengalaman yang mengesankan,ketika musim kemaru,ada seekor kera yang habis melahirkan datang ke gubug mbah nyamplung mencari makan dengan menggendong anaknya,dan selalu di beri makan oleh mbah nyamplung.

Ketika awal tinggal dihutan,mbah Nyamplung masih memiliki modal ia gunakan untuk jual beli pakaian bekas,disamping bercocok tanam berupa Nanas,jambu,pisang dan bunga.

Disitulah Awal namanya “Nyamplung” karena Wanita bernaman Asli Waljinah ini sering mencari buah nyampkung untuk dikeribgkan,bersama bahan bahan lai berupa bunga “rondh noleh” atau janda nengok,bungan dan buah tersebut setelah terkumpul banyak di jual di Jogjakarta pada pengepul,untuk hiasan.

Selama hidup dihutan,mbah nyamplung yangvsudah berusia 82 tahun ini belum pernah sekalipun meminta minta,hal itu di aku oleh Warga desa Dangean Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang,di kaki Gunung Merapi.

Sampai akirnya seorang aparatur pemerintah mendengar dari anak stafnya bahwa ada seorang wanita tua tunggal hutan seirang dir.Adalah Jhonny Hermanto MN,keoaka Seksi pertamanan Dinas Kingkungan Hidup,Pemda Kabupaten Magelang.

Merasa prihatin,kemudian melalui segala perjuangan,Jhonny bertekat membuatkan rumah yang layak di belakang kantornya.

Dan kini perjuangan Jhonny sudah terwujud dan mbah nyamplung sudah diboyong untuk menepati rumah yang di bangun Jhonny bersama timnya karyawan dinas pertamanan dan Lingkungan Hidup,di Lahan eks Komplek Wanita Pekerja Seks Jomersial yang luas.(Bagus)

Sumber Berita : Jarrakpos News
Editor : Kurnia
Pewarta : Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *