Sat. Jan 16th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Kegiatan Radio Talk Show 103,5 Magelang FM Dengan Tema “Menuju Pilkada Yang Tertib, Kondusif Dan Sehat Serta Antisipasi Penyebaran Civid-19 Pada Libur Dan Cuti Bersama

6 min read

MAGELANG- JARRAKPOSJATENG- NEWS
Telah dilaksanakan Giat pada hari Selasa tanggal 27 Oktober 2020 pukul 20.15 di Pendopo Pengabdian Rumah Dinas Walikota Magelang Jalan Cempaka No 3 Kel. Kemirirejo Kec. Magelang Tengah Kota Magelang,

Kapolres Magelang Kota, melaksanakan kegiatan Radio Talk Show 103,5 Magelang FM dengan tema “Menuju Pilkada Yang Tertib, Kondusif Dan Sehat

Serta Antisipasi Penyebaran Covid -19 Pada Libur Dan Cuti Bersama, yang diselenggarakan oleh Diskomista Kota Magelang di ikuti lk 15 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut,Sekda Kota Magelang Drs Joko Budiyono MM, Dandim 0705/Magelang Letkol Czi Anto Indriyanto S. Sos, M.M,Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ari Setiawan S.I.K, M.M, C.F.E., Ketua KPU Kota Magelang Bp. Dra Basmar Perianto Amron M.M.,Ketua Bawaslu Kota Magelang Ibu Endang Sri Rahayu A, SE.,Kabadan Kesbangpolinmas Kota Magelang Bp Drs Hamzah Kholifi M.M.,Kadiskominsta Kota Magelang Drs Suryantoro.

Dan Lovevita Vicaria F, S.H sebagai host, e kru dan staf Radio Magelang FM, dalam Penyampaian Sekda Kota Magelang, Selaku Ketua tim gugus tugas, perannya dalam mensukseskan pilkada tahun ini.

Memang semua kegiatan harus kita pantau dalam rangka pencegahan covid 19 dan juga dilaksanakan dalam masa pandemi dan ini berbeda dengan pilkada sebelumnya.

Kegiatan tersebut harus dilaksanakan sesuai protokol kesehatan, dan kita harus antisipasi penyebaran nya karena banyak yang hadir dalam pencoblosan ,antara lain antisipasi penyebaran Covid di masa libur dan cuti bersama, kami sudah rapat bersama jajaran forpimda.

 

Sudah ada panduannya mulai tanggal 28 Oktober s.d 1 November 2020 dan ini libur panjang,Kita sudah memberikan instruksi dinas terkait dan memberikan pelayanan kesehatan dan menjaga agar betul betul protokol dilaksanakan.

Pasti ada arus mudik, banyak yang memanfaatkan momen ini dan kemacetan lalu lintas dimana mana, dan yang paling diantisipasi kerumunan massa di tempat tempat umum.

 

Selain itu Dinas Kesehatan Kota Magelang agar memerintahkan layanan kesehatan yang ada agar tetap membuka layanan kesehatan meski dimasa liburan.

Memberikan arahan kepada Lurah agar memanfaatkan satgas jogo tonggo dan satgas covid 19 di RW supaya mendata warga yang dari luar Magelang.

Apabila ada tanda tanda terpapar covid supaya dapat langsung ditangani,Kami juga akan tetap melaksanakan operasi Yustisi di wilayah Kota Magelang.

Semuanya sudah kami siapkan menghadapi liburan nanti,Kami akan membantu pihak KPU dalam pendataan pasien covid 19 yang di RS maupun yang melaksanakan isolasi di Rumah.

Kami akan tetap memfasilitasi agar tetap menggunakan hak pilihnya,”katanya.selain itu warga masyarakat tetap datang gunakan hak pilihnya di TPS,

Inshaa Alloh tidak ada penyebaran covid di TPS karena sudah sesuai dengan prosedur covid, menghimbau bersama berpartisipasi untuk mensukseskan pilkada bersama sama.

Ketua KPU Kota Magelang juga menambahkan,Pilkada tahun ini dilaksanakan dalam bencana non alam, tentunya setelah ditetapkan pilkada ini dilanjutkan maka diatur protokol kesehatan pencegahan covid 19 menjadi yang utama.

ini dimulai dari pemutakhiran data pemilih dan petugas pemutakhiran memakai APD, dan dalam setiap kegiatan upaya pencegahan tetap diutamakan ini semua diatur dalam PKPU No 6 Tahun 2020, dirubah No 10 tahun 2020, dan yang paling terakhir PKPU No 13 Tahun 2020.

Untuk penyelenggaraan setiap tahapan pemilihan regulasi yang lama tetap berjalan asalkan masih berlaku, dalam setiap kegiatan menjaga jarak menjadikan fokus bersama dan tetap menggunakan masker, mencuci tangan dan menggunakan disinvektan.

Jumlah peserta juga dibatasi maksimal 50 orang, itulah yang menjadi pembaruan dalam regulasi dimasa pandemi, juga dalam masa pemungutan suara tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dalam pemilihan jumlahnya juga diatur pemilih yang hadir jumlahnya dibagi dengan waktu kegiatan,Di TPS juga dilengkapi dengan alat alat maupun sarana sesuai protokol kesehatan, pada 10 Oktober 2020 juga sudah dilaksanakan simulasi pencoblosan sesuai dengan protokol kesehatan.

Berkaitan dengan penggunaan hak pilih yang terkena covid agar tetap menggunakan hak pilihnya, yang isolasi di RS di mulai jam 12.00, ada petugas KPPS yang berada di RS tersebut agar memfasilitasi apa yang dibutuhkan dan berkoordasi dengan pihak RS.

Bagaimana nanti agar mendampingi pasien dalam mencoblos dan menyerahkan kembali surat suara ke petugas KPPS,3 (tiga) hari sebelum pemungutan suara.

kami akan mendata pasien yang ada di RS maupin yang dirumah, sehingga pada hari H kami sudah bisa menyiapkan petugas yang akan bertugas dalam kegiatan pemungutan suara.

Penertiban APK yang sudah dilaksanakan, APK ada 3 baliho umbul umbul spanduk berkaitan dengan pemasangan dari KPU sudah menetapkan lokasi pemasangan.

Apabila memasang diluar lokasi yang ditetapkan maka melanggar, apabila dipasang di lokasi atau tempat swasta harus ada ijin dari pihak swasta tersebut, apabila memasang di depan rumah harus mendapat ijin dari pihak pemilik rumah.

Menghimbau kepada masyarakat agar tetap datang ke TPS pergunakan hak pilih, kesehatan tetap menjadi prioritas kami kamk meyakinkan tetap gunakan hak pilih karena golput bukan solusi.

Selanjutnya Penyampaian Ketua Bawaslu Kota Magelang sebagai berikut,Tugas dan wewenang Bawaslu dimasa pandemi ini bukan hanya proses penyelenggaraan, tapi melaksanakan pengawasan protokol kesehatan.

Bawaslu akan melakukan penindakan peringatan tertulis apabila melanggar, satu jam peringatan tersebut diabaikan maka akan dibubarkan dan kami berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam kegiatan pembubaran.

Kita juga merekomendasikan kepada KPU untuk melarang kegiatan kampanye apabila melanggar aturan yang telah ditetapkan.

Terkait dengan larangan bahwasanya yaitu kerumunan, sampai saat ini belum ada paslon yang menyatakan kampanye, yang saat ini dilakukan belum terkait dengan itu.

Pada saat ini kalau akan melaksanakan kampanye harus memberitahukan kepada kepolisian dan tim gugus tugas, bawaslu memastikan bahwa kegiatan yang selama ini dilaksanakan bukan kampanye.

Terkait medsos kami juga mengawasi dan medsos yang dipakai juga sudah dilaporkan ke KPU, kita harapkan tidak terjadi pelanggaran di medsos,Bawaslu akan menyampaikan kepada Bawaslu RI melalui Bawaslu provinsi yang bekerjasama dengan kepolisian untuk menindaklanjuti setiap adanya pelanggaran.

Bawaslu akan memastikan bahwa pasien covid yang di RS maupun yang isolasi mandiri tersebut ada dalam daftar pemilih,Laporkan setiap potensi pelanggaran dalam pelaksanaan pilkada.

Kapolres Magelang Kota juga menyampaikan, Polres Magelang Kota merupakan insutusi terbawah dari Polri di Kota Magelang, kita harus memastikan program pemerintah pusat harus tetap berjalan dan leading sektor pelaksanaan dari KPU dan Bawaslu agar berjalan dengan lancar.

Kami tetap menjaga kamtibmas dan bagaimana supaya kejahatan tidak semakin meningkat di masa pandemi dan Pilkada Kota Magelang kita juga sudah melaksanakan deklarasi damai agar tim pemenangan paslon dapat menghimbau pendukungnya agar tidak mudah terprovokasi baik lewat medsos.

Masing masing pihak harus dapat menahan diri agar tidak masuk dalam tindakan pidanan, Tindakan kita preentif dan prefentif,Peran Polri mendukung pemerintah.

Seperti yang sudah disampaikan bapak sekda kami sudah melaksanakan koordinasi dalam menghadapi libur dan cuti bersama, dan operasi Yustisi yang sudah dilaksanakan akan kami tingkatkan agar memastikan warga tetap mematuhi protokol kesehatan selama liburan.

Meningkatkan peran satgas jogo tonggo dan satgas covid 19 untuk ditingkatkan dan satgas tersebut sudah tersebar di setiap RW untuk mendata warga yang masuk ke wilayah Kota Magelang dan agar memberikan pengarahan agar warga yang masuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Terkait pembubaran kerumunan sesuai dengan maklumat kapolri, perlu adanya penegasan peraturan agar pelaksanaan pilkada tidak menjadi klaster baru.

Tetap melaksanakan keutamaan keselamatan jiwa wajib mematuhi protokol kesehatan, pengarahan masa tidak melebihi dari aturan penyelenggara pilkada, tidak ada arak arakan apabila ditemukan pelanggaran wajib menindak sesuai aturan yang berlaku.

Tentunya netralitas yang selalu kami rekankan kepada setiap anggota, seperti untuk berfoto juga ada STR nya dan kami dilarang untuk itu.

Menekankan kepada anggota untuk tetap menjaga kesehatan dan jaga emosi,Tetap pergunakan hak pilih meski dalam masa pandemi covid 19 dan jauhi kerumunan tepati waktu pada saat pencoblosan.”ungkap Kapolres Magelang Kota.

Di samping itu juga, Dandim 0705/Magelang menambahkan Sinergitas TNI Polri dalam hal ini satuan kewilayahan satuan setingkat Kodim dalam rangka pengamanan Pilkada, kami juga ikut deklarasi dan ikut menyatakan komitmen pelaksanaan pilkada damai.

Perintah panglima TNI diperintahkan kepada jajaranTNI yang ikut terlibat dalam pengamanan Pilkada harus mematuhi aturan dari KPU maupun Bawaslu,Menekankan kepada prajurit untuk netral dalam pelaksanaan pilkada, Netralitas harga mati,Panduan kami dari Mabes.

Setiap anggota selalu membawa buku netralitas di dalam saku, sesuai pasal 39 UU TNI No 34, setiap anggota TNI tidak memihak, tidak ikut kegiatan politik, tidak melibatkan diri dalam politik praktik, Prajurit TNI tidak menggunakan hak pilih.

Dilarang memberikan komentar terhadap kontestan pemilu, dilarang menyimpan gambar paslon, tidak memberikan atau meminjamkan fasilitas militer terhadap paslon, mari memilih pempin Kota Magelang dengan damai dan hati yang tulus.”harap Dandim 0705/Magelang dan seluruh rangkaian kegiatan tersebut dapat berlangsung aman lancar dan kondusif.(fri)

 

Sumber Berita : Jarrakpos News
Wartawan : Feri
Editor : Kurnia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *