Sun. Jan 17th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Deklarasi Damai Menolak Anarkisme Dan Pendemo Rusuh Di Kota Magelang

3 min read

MAGELANG, Jarrakposjateng.com|

Senin tanggal 19 Oktober 2020 Pukul 16.00 s.d 17.00 WIB bertempat Gedung Wanita Jalan Veteran No. 04 Kel. Magelang Kec. Magelang Tengah Kota Magelang telah dilaksanakan Kegiatan Deklarasi Damai Menolak Anarkisme Dan Pendemo Rusuh Di Kota Magelang.

Adapun hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ari Setyawan, S.I.K., M.M., C.F.E, Kajari Kota Magelang Ibu Siti Aisyah SH, MH., Dandim 0705/Magelang diwakili Pasi Ops Kapten Inf Ahmad Mustofa., Pengadilan Negeri Kota Magelang atau yang mewakili, Kepala Kesbang Pol Linmas Kota Magelang Bp. Hamzah Kholifi,S.Sos.,M.Si., Pasi Intel Kodim 0705/Kota Magelang Kapten Chb Yudi Setiyawan.,Kasat Intelkam Polres Magelang Kota AKP Danang Eko Purwanto,SH.,Kasat Binmas Polres Magelang Kota AKP Ni Komang Yanti.,Kepala Satpol PP Kota Magelang Drs. Singgih Indri Pranggana.,Departemen Agama Kota Magelang atau yang mewakili.,Drs, Ismudiyono ( FKUB ).,Bapak Ari Vidianto ( Perwakilan Hotel Artos ).,Bapak Ragil ( Perwakilan Pengusaha Trio Hotel ).,Bapak Todik ( Perwakilan Pengusaha dari RM Bu Tatik ).,Bapak Rindu Heppy A ( DPC KSPI ).,Bapak Moch Amin ( Satgas Garda Bangsa ).,Bapak Sarto ( Satgas Rajawali Kota Magelang ).,Bapak Agus Susilo ( AMPG Kota Magelang ).,Bapak Supriyanto ( Satgas Perindo Kota Magelang ).,Bapak Kisworo ( PSHT Parluh 16 Kota Magelang ).,Bapak S. Drajat ( KS ONE Kota Magelang ).,Bapak Bagus Indra ( Banser Kota Magelang ).,Bapak Agung ( Patriot Garuda Nusantara ).,Bapak Bima May Hardiko ( Kokam Kota Magelang ).,Bapak Joko P ( Senkom Kota Magelang ).,Wita Balgis ( Perwakilan Bem Untidar ).,M. Kholik ( Perwakilan Bem UMM Magelang ).,Bapak Ir. Wahyu Widodo ( Perwakilan FKPPI Kota Magelang ).,Bapak Khoyim ( PSHT 17 Kota Magelang ).,Bapak Ari Wibowo ( DPC FSPTI ).,Bapak Ipung ( Ketua Pemuda Pancasila Kota Magelang ).,dan Perwakilan Tokoh Masyarakat Kota Magelang.

Foto rangkaian giat (dok.jarrakposjateng)

Deklarasi Damai Dibacakan oleh Drs, Ismudiyono ( FKUB ) ditirukan oleh seluruh Peserta Deklasi. Adapun isi Deklarasi Damai Menolak Anarkisme Dan Pendemo Rusuh Di Kota Magelang sebagai berikut, Kami segenap elemen masyarakat, Ormas, LSM, Serikat buruh, Pelaku usaha dan Mahasiswa Kota Magelang menentukan sikap, Menolak segala bentuk kekerasan dan anarkisme terhadap orang dan barang saat unjuk rasa maupun kondisi apapun, Siap mengamankan wilayah masing masing dari massa perusuh dan tidak akan main hakim sendiri, Mengutuk keras dan menentang segala bentuk tindakan anarkis yang dapat mengganggu kegiatan ekonomi masyarakat, memperburuk kesejahteraan masyarakat, membuat ketakutan dan keresahan masyarakat untuk berkegiatan normal,Mendukung langkah TNI-Polri untuk mengambil langkah secara tegas dan profesional terhadap massa anarkis.

Inti Sambutan Walikota Magelang yang dibacakan Kepala Kesbangpol Linmas Kota Magelang Bp. Hamzah Kholifi,S.Sos.,M.Si,yaitu Pada kesempatan ini Alhamdulillah Wa syukurillah diawali dengan kegiatan rapat koordinasi untuk mengakomodir aspirasi dari masyarakat yang diwakili oleh elemen-elemen masyarakat yang hadir pada kesempatan ini pada kesempatan ini alhamdulillah kita bisa melaksanakan kegiatan deklarasi damai menolak anarkisme dan pendemo rusuh di kota Magelang pada tanggal 19 Oktober 2020 di Gedung Wanita ini dalam keadaan sehat walafiat tanpa kurang suatu apapun,Terutama dari jajaran forkopimda yang menyaksikan deklarasi pada kesempatan ini perlu kami sampaikan beberapa hal yang menjadi dasar kami untuk melaksanakan deklarasi ini bahwa masyarakat sudah Banyak ungkapan ataupun perasaan-perasaan yang disampaikan secara sosmed maupun juga barangkali melalui apa tulisan-tulisannya yang ada di beberapa tempat di kota Magelang.

Suasana kebatinannya adalah bahwa masyarakat merasa kurang nyaman masyarakat merasa situasinya mencekam apabila ada demo atau unjuk rasa yang dilaksanakan yang mana biasanya di ujungnya membuat suasana menjadi kerusuhan, Hal-hal yang mengganggu jalannya ketertiban yang ada di masyarakat ada sekelompok masyarakat kelompok massa dengan mengadakan komunikasi untuk berkumpul dan kemudian mereka mulai ada kegiatan yang liar yang tidak jelas tujuannya disitulah yang menyebabkan dan menimbulkan keresahan, menjadikan tidak nyamannya masyarakat, Oleh karena itu pada hari Sabtu kemarin kami mencoba untuk mengundang elemen-elemen masyarakat sebagai representasi keterwakilan di masyarakat untuk yang terkait dengan dinamika dan situasi kebatinan dari masyarakat di Kota Magelang pada khususnya Di sekitar kota Magelang ini sudah terungkap bahwa ada rasa ketidaknyamanan, ada rasa keresahan di masyarakat terkait ada gangguan-gangguan dari kegiatan keseharian pertama mereka yang mempunyai usaha, jualan atau menjadi karyawan dan sebagainya sehingga pada hari ini dari Forkopimda kami ingin menyampaikan kepada beberapa dari ormas kepemudaan dan juga dari organisasi forum kerukunan umat beragama, forum persaudaraan bangsa Indonesia serta dari mahasiswa dikota magelang terkait kewaspadaan dini Baru saja kita menandatangani Deklarasi damai menolak anarkiame dan pedemo rusuh semoga kita semua bisa bekerja sama untuk menjaga kota magelang dengan suasana yang aman dan kondusif.

Pewarta: Feri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *