Fri. Feb 26th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

JATENG BENTUK TIM TANGGAP SERANGAN SIBER

1 min read

Semarang, www.jarrakposjateng.com |Propinsi Jawa Tengah melaunching Tim Tanggap Insiden Keamanan SIBER atau Jateng Prov-CISRT (Computer Security Insident Response Team).

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berharap,optimalisasi keamanan SIBER dapat memaksimalkan layanan terhadap warga.pembentukan jatengProv-CISRT dilakukan secara daring, antara Badan SIBER dan Sandi Negara (BSSN) dan Pemprov Jateng via daring.

Gubernur Jateng menghadiri secara Maya dari Puskesmas Bener Purworejo Rabu ,(7/10) .

Kepala BSSN Letjen TNI(Purn)Hinsa Siburian mengatakan, ancaman di dunia Maya adalah sesuatu yang nyata.

Menurutnya infrastruktur SIBER yang telah dibuat di Indonesia terdiri dari Palapa Ring Timur, Palapa Ring Barat, bentangan kabel laut mencapai hampir 35 ribu kilometer, kabel darat 21 ribu kilometer dan Base Transmisi on Station yang mencapai 400 ribu unit.

Ia mengatakan, CISRT berlaku bak tentara di dunia nyata kedepannya, akan dibentuk ratusan tim hingga tahun 2024.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, provinsi telah membangun berbagai fasilitas digital untuk mempermudah pelayanan.

Oleh karena itu penting untuk mempersiapkan tim sebagai pengaman sistem.

JatengProv-CISRT sendiri,menggabungkan kerja antar instansi, baik di provinsi dan kabupaten serta kota di Jawa Tengah. Tujuannya,untuk mengeliminir serangan SIBER terhadap situs ataupun sistem yang dimiliki oleh Pemerintah .”katanya. (feri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *