Fri. Feb 26th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Focus Grup Discussion (FGD) Strategi dan Solusi Tantangan Demokrasi Pada Pilkada 2020 Ditengah Pandemi Covid-19

2 min read

(Doc. Jarrakposjateng)

Magelang, JarrakposJateng.Com —  Pada Hari Selasa, 29 September 2020 pukul 08.00 Wib bertempat di RM Kebon Semilir Jl. Jeruk Kelurahan Kramat Selatan Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang dilaksanakan kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) Setrategi dan solusi tantangan Demokrasi pada pilkada 2020 ditengah Pandemi Covid-19.

Peserta yang hadir dalam acara FGD ini antara lain KPU Kota Magelang, Gugus Tugas Penanganan covid-19, Ketua PPS, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat di Kota Magelang.

(Doc. Jarrakposjateng)

Dalam sambutanya Kapolres Magelang Kota dibacakan Wakapolres Magelang Kota Kompol Umi Mardiyah, mewakili sambutan ini, saya ingin katakan bahwa KPU menyebutkan bahwa pihaknya telah menerima surat dari Gugus Tugas Percepatan penanganan covid-19 mengenai pelaksanaan pilkada 2020 kaitanya dengan situasi pandemi covid-19 terdapat tiga poin utama, pertama, Gugus tugas mengapresiadi keputusan KPU,Pemerintah dan DPR menunda Pilkada dari bulan september menjadi Desember 2020 kaitanya dengan situasi pandemi covid-19.

(Doc. Jarrakposjateng)

Kedua, Gugus Tugas menghormati terbitnya peraturan pemerintah pengganti UU ( PERPPU) No.2 tahun 2020 tentang penundaan Pilkada ketiga Gugus tugas memberikan saran pada KPU untuk melanjutkan pilkada dengan syarat pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19.

(Doc. Jarrakposjateng)

Menyadari realita bahwa pandemi covid-19 ini belum bisa dipastikan waktu berakhirnya, maka KPU RI memutuskan penyelengara pemilu yang mandiri, selain itu KPU Kota Magelang Ibu sukorini sadewi Tyastuti menambahkan, “Pelaksanaan pilkada dimasa pandemi ini berbeda dengan pelaksanaan pilkada pada kondisi normal, misalnya yaitu kampanye dilakukan dalam ruang atau gedung, diutamakan dilakukan melalui media sosial dan media daring,” katanya.

(Doc. Jarrakposjabar)

Selain itu gugus tugas penanganan covid-19 bapak Yanuar sosiawan menambahkan, “Dalam pelaksanaan Pilkada ini agar selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian covid-19 dengan dibantu oleh petugas jogo Tonggo dan kampung siaga covid-19 di masing-masing kelurahan,” ucapnya.

 

 

Pewarta : Feri

Editor : Lle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *