Mon. Sep 21st, 2020

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

TARUNA HARUS BISA MENJADI DIRI SENDIRI

2 min read

Foto : Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr.(Han) memberikan pengarahan kepada Taruna Tingkat III/Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar) (Doc. Jarrakposjateng)

JarrakposJateng.Com, Akademi Militer — Rabu (16/09/2020) Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr.(Han) memberikan pengarahan kepada Taruna Tingkat III/Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar), yang dihadiri para Pejabat Distribusi Akmil dan seluruh Pengasuh Resimen Taruna Madya serta 278 Taruna dan 18 Taruni Tingkat III bertempat di Lapangan Batalyon Taruna Madya Akmil.

Gubernur Akmil dalam kesempatan ini menyampaikan, “Taruna wajib untuk mengenal para Pejabat Distribusi Akmil. Kemudian jalin hubungan komunikasi yang bagus dan ikatan batin yang kuat antara Taruna dengan Pejabat, Pengasuh dan Organik Akmil untuk memecahkan permasalahan yang ada,” tuturnya.

(Doc. Jarrakposjateng)

Selanjutnya, ”Taruna harus melaksanakan tugas belajar dan berlatih dengan baik dan bertanggung jawab dengan mentaati aturan dalam Perkhustar (Peraturan Khusus Taruna) untuk mewujudkan, menjadi kebanggaan orang tua dan pengabdian kepada bangsa dan negara nantinya. Taruna dididik untuk menjadi Perwira TNI AD dan memiliki gelar Sarjana Terapan Pertahanan,” tuturnya.

Lebih dalam Gubernur Akmil menyampaikan, “Dalam pembuatan TA (Tugas Akhir), manfaatkan waktu, sarana dan prasarana yang ada untuk menyiapkan TA yang nantinya akan mendukung Taruna dalam penugasan sebagai Perwira. Taruna juga akan diberi kartu Perpusnas (Perpuatakaan Nasional Republik Indonesia) untuk dapat mengakses buku-buku perpustakaan elektronik untuk mendukung TA dan menambah pengetahuan,” ucapnya.

(Doc. Jarrakposjateng)

“Taruna harus menjadi perwira yang profesional dan militan dan tidak menjadi perwira cengeng”. Tegasnya.
Selanjutnya, ”Taruna senior harus bisa mendidik dan memberikan arahan yang baik, mampu membangun komunikasi yang harmonis dengan Taruna Yunior dan jangan warnai dengan kebencian dan kekerasan terhadap yunior. Taruna Senior harus menjadi figur yang baik dari segi penampilan, sikap dan tingkah laku oleh yunior. Harus mampu berdisiplin waktu yang baik tidak ada kegiatan yang terlambat akibat Taruna tidak bisa menepati waktu di setiap kegiatan,“ jelasnya.

(Doc. Jarrakposjateng)

Tidak lupa Gubernur Akmil memberikan atensi terhadap situasi pandemi Covid ini, Taruna harus menyadari tentang aturan dan wajib mematuhi Protokol Kesehatan dengan pemakaian masker, cuci tangan dan rajin olah raga. Tidak ada Taruna yang berupaya untuk mengkondisikan pengasuh/organik Akmil untuk mencapai keinginan pribadi dengan melanggar aturan.

Di akhir pengarahan Gubernur Akmil menekankan, ”Taruna harus bisa menjadi diri sendiri (mandiri) dan jangan menggantungkan dirimu pada orang lain. Laksanakan dan tingkatkan ibadah masing-masing dengan tepat waktu dan selulu diawali berdoa sebelum melaksanakan kegiatan,” tutupnya.

 

SUMBER : PENHUMAS AKMIL

Pewarta : Feri

Editor : Lle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *