Mon. Sep 21st, 2020

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

PENGEMUDI AKMIL WAJIB PATUHI ATURAN MENGEMUDI

2 min read

(Doc. Jarrakposjateng)

JarrakposJateng.Com, Akademi Militer —  Senin, (14/09/2020). Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr.(Han) memberikan pengarahan kepada seluruh pengemudi Akmil di depan Gedung Leo Kailola Akmil yang dihadiri para pejabat Distribusi Akmil dan seluruh pengemudi di satuan jajaran Akmil sebanyak 109 orang.

Gubernur Akmil dalam kesempatan ini menguraikan, “Menyikapi kejadian penyerangan Mapolsek Ciracas, setiap personel harus mampu memahami dan jangan terpengaruh terhadap berita yang berkembang di medsos. Beberapa kejadian kecelakaan yang melibatkan kendaraan maupun Alutsista TNI AD, setiap pengemudi harus mentaati ketentuan pengemudi untuk menghindari kerugian baik materiil maupun personel,” ujarnya.

Foto : Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr.(Han) memberikan pengarahan kepada seluruh pengemudi Akmil (Doc. Jarrakposjateng)

Selanjutnya Gubernur Akmil juga menegaskan, “Setiap pengemudi wajib memahami dan melakukan ketentuan 16 Tugas Pengemudi, yaitu mengecek kondisi (1. Mesin, 2. Sistem pelumasan, 3. Sistem pendinginan 4. Sistem pembakaran 5. Karburator/Injeksi, 6. Sistem pengapian, 7. Instalasi listrik, 8. Sistem kemudi, 9. Accu generator/Dinamo, 10. Dinamo stater dan penerangan,11. Kopling dan percepatan,12. As gardan, 13. Kerangka dan pegas, 14. Mur/ baut, 15. Rem, 16. Ban dan Alat perkakas). Pemeriksaan kendaraan harus selalu dilakukan oleh setiap pengemudi, sebelum kendaraan digunakan dan dipastikan kendaraan dalam kondisi siap dan baik serta dalam kondisi bersih serta rapih,“ imbuhnya.

(Doc. Jarrakposjateng)

Kemudian Gubernur Akmil juga menekankan, ”Pasang rotator untuk kendaraan depan saat melaksanakan kolone, Pengemudi dalam melaksanakan mengemudi di jalan raya harus bisa sopan dan saling menghargai terhadap pengemudi atau pengguna jalan raya yang lain, juga harus menjadi contoh bagi Taruna, baik dari segi penampilan, tingkah laku dan kondisi kendaraan yang akan digunakan oleh Taruna harus dalam keadaan bersih dan rapih,” ucapnya.

Di akhir pengarahannya, Gubernur Akmil mengingatkan, “Kuatkan ibadah dan biasakan berdoa sebelum melaksanakan kegiatan mengemudi, sholat/ibadah tepat waktu dan wajib ada sajadah di kendaraan bagi yang beragama Islam,“ tutupnya.

 

Sumber : PENHUMAS AKMIL

Pewarta : Feri

Editor : Lle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *