Sat. Jan 16th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Pedagang Pasar Muntilan Keluhkan Kesalahan Konsep Pembangunan Pasar Muntilan

2 min read

MAGELANG,Jarrakposjateng.com|
Kamis ( 23/7/2020). Para pedagang di los lantai dua Pasar Muntilan mengeluhkan Kesalahan Konsep  pembangunan Pasar Muntilan, kesalahan ini terlihat dari penataan para pedagang yang sangat tidak memadai sehingga menyebabkan kerugian yang sangat besar.

Foto: Salah satu pedagang yang aktif menyuarakan aspirasi pedagang( dok.jarrakpos)

Pedagang yang menempati los pasar Muntilan di lantai dua mengeluhkan sepinya pembeli, terutama para pedagang sepatu di yang mengeluhkan sempitnya luas bangunan kios dan jauh dari pintu masuk.

Bu Wal seorang pedagang yang ditemui oleh Pewarta Jarrakposjateng mengeluhkan penempatan para pedagang di los lantai dua akan membunuh mata pencaharian para pedagang, Bu Wal membandingkan ketika Pasar Muntilan belum dibangun ia sebagai pedagang sepatu mengaku ketika baru buka saja sudah menghasilkan uang 1-1,5 juta rupiah, tetapi kondisi sekarang dalam satu minggu saja belum tentu daganganya dapat laku, terlebih ditengah wabah Corona sangat memprihatinkan ucap bu wal yang diamini pedagang lain yang juga merasa kesal karena tidak ada pembeli selama beberapa hari ini.

Pak Mad, Pak Moh dan Bu Tri, yang juga pedagang diare itu membenarkan apa yang dikatakan Bu Wal.

Foto: Kios/Los di Pasar Muntilan yang tutup karena sepi pembeli ( dok.jarrakposjateng)

Pewarta Jarrakposjateng ketika masuk ke dalam pasar yang megah itu, terlihat banyak kios dan los yang  tidak buka karena memang sangat sepi pengunjung.

Los di lantai dua seharga 12,5 juta ukuran 180 m2 sewaktu diserahkan dari pengembang, merupakan los terbuka belum ada pintu,  oleh para pemilik los dibuatkan pintu sendiri dengan biaya sebesar 5 juta rupiah.

Foto: Suasana Los dilantai 2 Pasar Muntilan( dok.jarrakpos)

Diakui oleh Pak Mad banyak pedagang yang belum melunasi harga kios tersebut karena dagangan yang tidak laku sehingga menyulitkan pembayaran.

Hal yang nyata adalah bangunan pasar yang luas dan megah itu sempat membuat pewarta Jarrakposjateng bingung mencari pintu kekuar karena tidak ada tanda keluar/masuk pasar.

Foto: Suasana Kios dilantai 2 Pasar Muntilan ( dok.jarrakposjateng)

Para pedang los sepatu meminta kepada pemerintah daerah kabupaten Magelang untuk mengkaji ulang untuk mengalihkan para pedagang los lantai dua, pindah ke lantai dasar yang kini untuk lahan parkir,dan lahan parkir dipindah ke lantai II atau alternatif lahan yang lain.

Memang dari pengamatan pewarta Jarrak posjateng, dari lahan parkir menuju los dagangan dilantai dua
terasa agak jauh dan melelahkan.

Foto: Tugu Adipura didekat pasar Muntilan ( dok.jarrakposjateng)

Para Pedagang berharap ada perhatian dari pemerintah daerah Magelang agar menampung aspirasi serta dapat menindaklanjuti aspirasi pedagang

Sumber lain juga mengatakan,  sejak pasar ini di buka dan diserahkan kepada seluruh pedagang, Pasar Muntilan belum pernah diresmikan.

Pewarta.  : Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *