Sat. Jan 23rd, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Pak Habibie Ahli Pesawat

1 min read
Editor: Huta | Grafis: Effendi | GR | Penulis: I Wayan Budiartawan

Pak Habibie telah tiada. Guru besar ITB kebanggaan bangsa pada masanya. Menteri riset dan teknologi terkemuka di tanah air kala itu. Pernah menjadi wakil presiden dan presiden untuk tempo yang singkat.
Penghormatan yang sebesar-besarnya diberikan kepada putra Pare-Pare ini.

Ilmu konstruksi pesawat terbang bukan hal yang mudah bagi orang Indonesia. Pak Habibie berotak jenius sehingga bisa lulus sekolah di Jerman dalam hal kepiawaian membuat pesawat terbang. Perusahaan negara PT IPTN pernah membuat pesawat CN 235 di bawah kepemimpinan seorang Habibie.

Kisah hidup Habibie dan Ainun sang istri telah ada filmnya dan bukunya. Menguras air mata untuk ditonton. Kisah mengharukan dua hati bertemu dan merajut rumah tangga. Pak Habibie orang hebat. Teknologi di Indonesia dipelopori anak Gorontalo ini.
Generasi muda di Indonesia Sebagian besar di kampus ITB tinggal memetik hikmahnya.

Wajah Indonesia di masa lalu adalah wajah Habibie. Hampir setiap waktu Pak Habibie muncul di layar TV berpidato tentang penelitian dan teknologi. Pak Habibie lahir tahun 1936. Masuk ITB dan kuliah baru dijalaninya selama membahas di departemen Teknik Mesin ITB, lalu Pak Habibie berangkat ke Jerman untuk membuka kuliahnya di sana. Sampai akhir hayatnya Pak Habibie direkomendasikan sebagai gurubesar Teknik Mesin ITB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *