by

KKN Desa Mojosari Kelola Sampah Melalui Program-Program yang Ditawarkan

 

Sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi, Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengirimkan kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) lokasi tahap 1 di Desa Mojosari, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo. Kelompok KKN tersebut melakukan program-program kerja yang berfokus pada permasalahan sampah. Kepala Desa Mojosari, Maprah, menjelaskan bahwa salah satu permasalahan utama di Desa Mojosari adalah sampah. Hal ini terjadi karena volume sampah yang setiap harinya menumpuk dan pemanfaatan sampah yang masih belum optimal.
Melihat kondisi tersebut, kelompok KKN Desa Mojosari menghadirkan empat program utama, yaitu, Diseminasi Sampah, Bank Sampah, Pembuatan Pupuk Cair, dan Eco Brick.

 

 

Program pertama yang dihadirkan yaitu Diseminasi Sampah. Program tersebut telah diselenggarakan di GOR (Gedung Olah Raga) Balai Desa Mojosari pada tanggal 25 Juli 2019. Program ini diharapkan untuk memberikan edukasi mengenai jenis-jenis dan bahaya sampah kepada masyarakat. Untuk mendukung program tersebut, kelompok KKN lokasi tahap 1 juga menghadirkan Bank Sampah, Eco Brick, dan “Sosialisasi Pelatihan Pembuatan Pupuk Cair”. Program Bank Sampah itu sendiri merupakan salah satu strategi untuk mendapatkan manfaat ekonomi dari pengolahan sampah anorganik yang sudah dipilah. Selanjutnya, Program Kerja Eco Brick, yang dibuat sebagai salah satu alternatif penanganan sampah anorganik menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis. Sedangkan untuk program kerja “Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Pupuk Cair” dibuat untuk mengelolah sampah organik menjadi pupuk yang berguna untuk pertanian.
Dengan adanya program-program yang dihadirkan, Kelompok KKN Lokasi tahap 1 UNNES berharap dapat membantu Desa Mojosari mengelola dan menfaatkan sampah. Kepala Desa Mojosari juga berharap program-program tersebut dapat terlaksana dengan baik untuk mencapai desa yang sehat dan asri.

Oleh jarrakposjateng/gisca

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed